Saturday, April 21, 2012

Third Task

Halo. Ini tugas ketigaku di SIMK. Dibaca yak, dibaca yak. Aja aja hwaiting! *nyemangatin diri sendiri* *ngantuk* :hammer
Ini tentang algoritma dan gimana caranya bikin flowchart buat USM STAN.

Yang pertama, tentang algoritma. Yang belum begitu paham tentang algoritma, di dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.
Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.
Jadi pada intinya algoritma adalah urutan-urutan langkah logis dalam penyelesaian masalah secara logis dan sistematis. Oleh karena Algoritma hanya berupa urutan-urutan langkah untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah secara logis dan sistematis, maka dalam menyelesaikan suatu masalah, maka Algoritma yang dibuat oleh seseorang bisa berbeda antara satu dengan yang lain, bergantung logika masing-masing. Namun dalam membuat suatu Algoritma, hendaknya kita memperhatikan hal-hal berikut:
1. Algoritma harus benar
2. Hasil yang dicapai harus sedekat mungkin dengan nilai sebenarnya
3. Efisien

Soal : USM STAN ( Ujian Seleksi Masuk ) rencananya akan dilaksanakan kembali pada tahun ini. Seleksi yang dilakukan meliputi seleksi administratif dan seleksi secara tertulis. Dalam seleksi administratif, pihak STAN mensyaratkan nilai rata-rata Ujian Kelulusan atau UN minimal 7,5 dan khusus untuk nilai Ujian Bahasa Indonesia minimal 7, dan untuk tahap selanjutnya, untuk seleksi tertulis STAN mengadakan ujian seleksi seperti biasa yang terdiri dari 2 jenis soal yaitu 120 butir soal Tes Potensial Akademik (TPA) dan 60 butir soal Bahasa Inggris. Sistem penilaian adalah tetap yaitu Nilai Benar (B)=+4, Salah (S)=(-1), Kosong/Tidak Diisi (K)=0. Selain itu, berlaku ketentuan nilai mati. Nilai mati adalah nilai minimal peserta untuk dapat lolos dari ujian tulis ini yaitu minimal 1/3 benar dari masing-masing jenis soal (minimal 40 butir soal TPA dan 20 butir soal Bahasa Inggris harus dapat dijawab dengan benar oleh peserta USM STAN). Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada USM STAN kali ini adalah sebanyak 1000 orang mahasiswa.

Dilihat dari soal di atas, kita dapat membuat sebuah Algoritma yang sederhana, seperti di bawah ini :
1. Panitia memasukkan data peserta
2. Sistem membaca data peserta
3. Cek nilai rata-rata hasil UAN peserta. Jika nilai rata-rata UAN peserta lebih dari 7,5, peserta lanjut ke tahap selanjutnya, jika tidak, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos. 
4. Cek nilai UAN Bahasa Indonesia peserta. Jika nilainya lebih dari 7, peserta lanjut ke tahap selanjutnya, jika tidak, berikan pesan bahwa peserta tidak lolos.
5. Masukkan jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
6. Baca jawaban peserta pada ujian tulis USM STAN
7. Hitung jumlah jawaban benar peserta
8. Cek jumlah jawaban benar peserta. Jika jumlah jawaban benar peserta lebih dari 1/3 jumlah keseluruhan masing-masing tipe soal (TPA benar<40 dan/atau Bahasa Inggris<20), peserta lanjut ke tahap berikutnya, jika tidak, peserta tidak lolos. 
9. Hitung nilai ujian tulis USM STAN peserta (B*4+S*(-1)+K*0)
10. Sortir nilai ujian tulis USM STAN peserta
11. Cek ranking nilai ujian tulis USM STAN peserta. Jika ranking ujian tulis USM STAN peserta antara 1-1000, peserta dinyatakan lolos, jika ranking ujian tulis USM STAN peserta lebih dari 1000, peserta tidak lolos.

Setelah kita tentukan Algoritmanya, sekarang saatnya untuk membuat flowchartnya. Bisa di lihat seperti yang ada di bawah ini :


Jadi, seperti yang bisa dilihat diatas, flowchart itu intinya adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program, supaya lebih mudah memahami.


Okeee, yang cantik yang ganteng, makasih ya udah baca tulisan ini *makasih banget buat yang bertahan untuk tetep baca* hehe
Sampai ketemu di tulisan -atau tugas- yang lain lagi yaa. Semoga bermanfaat.
GBU :)

No comments:

Post a Comment